Jumat, 09 Januari 2009

Puding Karamel

Semalam bikin puding karamel. Akhirnya kesampaian juga setelah malam sebelumnya gagal bikin ini puding karena setelah lihat stock susu ternyata sudah expired :(..padahal bahan lain sudah masuk semua ke baskom. Yasud...akhirnya kebuang semua deh ga kepakai, wong sudah tumplek blek di 1 baskom .
Acara ngaduk bahan2 nya pun lumayan seru, karena Feliz (anakku yg baru berumur 7 bln) pengennya ngedeketin aja, mungkin dikiranya aku lg ngajak bermain kali ya. Sampe si mbok yg ngasuhnya bolak-balik mengamankan si Feliz. Kalo dilihat dari penampakannya sih lumayan tek cantek, tapi kok banyak kuahnya dan kayak yang gampang banget hancur, mungkin karena emang penampakannya gitu kali, maklumlah masih agak2 bingung soalnya aku baru bikin pertama kali. Resepnya aku contek dari arsip NCC.


Puding Karamel


Bahan :

5 btr telur
125gr gula pasir
2 sdm maizena (optional) ---> aku gak pake
500ml susu segar
¼ sdt vanilli

Karamel :
175 gr gula pasir
1 sdt air jeruk nipis
2 sdm air

Cara Membuat :

  • Karamel : jerangkan gula diatas api hingga cair dan kecoklatan, tambahkan air dan air jeruk nipis, angkat dari api. Tuang kedalam cetakan. Dinginkan. ---> waktu bikin karamelnya bengong...terheran-heran sama prosesnya karena blm pernah bikin
  • Campur semua bahan lain, aduk hingga larut, lalu saring kedalam cetakan yg sudah berisi caramel tadi. ---> aku ngaduknya pake mixer tuh...salah ya??
  • Kukus hingga matang. Lk. 30 menit.
  • Angkat, dinginkan. Sajikan.

** baru inget waktu mau difoto ternyata pudingnya dah krowak sana-sini, yasud ga jadi dipoto d, bentuknya sudah mengerikan! hehehe**

1 komentar:

nita dyasti mengatakan...

komen dulu aahhh...;))